Tuesday 21 October 2014

Cheese Bread Stick



Penampakannya mirip banget cheese stick pada umumnya. Padahal versi ini menggunakan adonan roti loh. Iya bukannya jenis roti lembut...tapi adonan roti beragi yang digiling tipis, dioles minyak dan ditabur keju. Tentu saja rasanya tetap enak karena luar dalam keju. Cuman mungkin lebih enak kalo pake keju edam kayaknya...kali ini aku cuman pake yang ada di kulkas yaitu keju cheddar.

Teksturnya renyah tapi tidak seringan cheese stick yang digoreng. Renyah dan agak padat karena dipanggang dengan api sedang selama hampir sekitar setengah jam. Tergantung masing masing oven ya. Untuk variasi snack anak anak tidak ada salahnya dicoba. Aku baru bikin siang sorenya sudah habis sama bapak dan krucils ^^

Resepnya dapat dari mbak Hera. Dulunya tinggal di sini dan berjualan cheese stick ini tapi karena pindah resepnya dishare ke teman temannya. Nah aku salah satu yang dapat sharingannya. Makasih yaaaa mbak...

Bahan :
- 350 gr terigu protein sedang 
- 1/2 sachet ragi
- 1/2 sdt garam 
- 75 ml minyak zaitun
- 100 gr keju parut
- 150 ml air

Olesan : minyak

Taburan : keju parmesan + keju parut (aku cuma pake keju cheddar parut)

Cara membuat : 
  1. Campur semua bahan kering + keju. Aduk rata.
  2. Masukkan  air sedikit sedikit sambil diulen. Masukkan minyak, uleni sampai kalis.
  3. GIling tipis membentuk persegi panjang. Ukuran sesuai selera.
  4. Olesi minyak lalu taburi parmesan dan keju parut. Potong potong menggunakan cutter.
  5. Letakkan di dalam loyang yang dialas silpat.
  6. Panggang dengan panas oven 150C/300F selama sekitar 30 menit atau sampai kering.
  7. Angkat, dinginkan dan taruh dalam wadah kedap udara.



39 comments:

obat bronchitis said...

boleh juga jadi cemilan

sakinah said...

salam kenal mbk, saya sakinah, penggemar beratx mbk hesti dari NTB, berawal dari liat2 resep, ketemu blokx mbk, jadi ketagihn kesini, n belajar buat kue dari resep2x mbk, vi resepx saya pake sendiri ko mbk. Love you mbk hesti.... ^ ~

Hesti HH. said...

Salam kenal mbak Sakinah....makasiiiih ya dah jadi pembaca setia, semoga resep resepnya cocok yaaaa *muaaach*

Anonymous said...

Mbak... Minyak yang buat olesan pake minyak apa ya? Zaitun juga?

Miftha Kaje said...

Mbak mau tanya...
Kalo digoreng bisa gak yak?
Trz kalo bisa digorenya plus taburannya yak... ato digoreng dulu baru dikasih taburan....,,
Makasih...

Hesti HH. said...

@Anonim : iya boleh minyak zaitun kalau mau sehat. Minyak goreng biasa juga bisa...

@Mitha : kalo digoreng taburannya lepas semua mbak...kalau digoreng dulu nanti kejunya nggak kering kan gak bisa tahan lama karena nggak lewat proses pemanggangan

Unknown said...

Kak Hes, kalo airnya di ganti susu cair bisa tidak ya? Tika Nih...hehe. Lama tak jumpa ma kak hesti bah.

Ajeng Rani R said...

Adonannya ga perlu didiamkan dulu ya mba? Ga perlu proofing?
Wajib coba ni..secara penggemar berat keju. Eggless pula..hehe.. :D

Unknown said...

wajib coba nih resep.. thanks mbaĆ ..

Anonymous said...

assalamuallaikum teh hesti, salam kenal :). mau tanya, kalau minyaknya diganti mentega cair bisa kah? oya, saya suka hasil foto teh hesti, mejanya juga cantik-cantik, teteh bikin sendiri kah? hehehe. *maaf salah fokus :)
-nina

Hesti HH. said...

@Tika : layaknya bisa bisa aja Tik...mestinya lebih gurih dong yaaa

@Ajeng Rani : nggak perlu mbak...entar jadi roti menul menul ^^

@Vanissa : makasih juga, selamat membuat yaa

@Nina : waalaikumsalam, salam kenal mba...boleh saja mungkin lebih enak karena wangi susu ya. Makasih juga tuk apresiasinya. Kalau meja jarang yg bikin sendiri...biasanya mulung di jalan atau punya tetangga yg udah gak kepake. Kalau bosan saya ganti catnya dengan cat kayu. Selain itu kadang pake kertas motif (backdrop)...nggak semuanya kayu betulan lho ^^

Anonymous said...

Teteh resepnya enak mirip kaya resep grisini, tapi tanpa bawang putih bubuk. :)
Waaah, banyak banyak juga koleksi mejanya teh hesti. hehe. Oya backdrop itu belinya di toko bangunan ya teh? maaf banyak tanya, saya lagi belajar food fotografi, tp masi otodidak aja. Berguru sama teh hesti boleh kan ;)
-nina-

Hesti HH. said...

Iya bener banget mba Nina...

Backdropnya ini dari kayu mbak. Motifnya beda bolak balik, Dapat dari memulung tetangga yg pindahan. Kalau yg lain biasanya juga mungut sampah orang lalu dicuci bersih. Ada jg yg ngecat sendiri. Biasanya bolak balik motif/warnanya beda. Yang lainnya kalau motif bunga biasanya saya pakai kain, tissue motif atau kertas karton motif bungkus kado ^^

Rismayanti Megawati said...

Sore Mbak Hesti

Mbak mau tanya menggilingnya pake rolling pin doang atau pake mesin mie? pingin praktek nih.. Mbak boleh request nggak. Tolong tips dan step by step buat puding yang berlapis dong? Saya pingin bisa, kalau buat pudding berlapis selalu gatot melulu hikhiks.. Boleh ya..

Makasih mbak hesti

Anonymous said...

Akhirnya nemu resep cheese stick yg seperti ini.. terima kasih mba hesti udah di share resepnya

Hesti HH. said...

@Rismayanti : pake rolling pin aja mbak. Kalau puding berlapis maaf saya belum ada kesempatan tuk bikin step by stepnya. Semoga lain kali bisa. Tapi mungkin udah ada yg sharing di google mba ^^

@Anonim : iya sama sama

Rismayanti Megawati said...

Halo Mbak Hesti. Apa kabar?
Akhirnya saya kesampean juga buat cheese bread stick. Cara membuatnya simpel, tapi manggangnya itu lho mbak, saya manggang kurang lebih 4 jam. Ya otangnya mungkin sudah tua jadi nggak tentu temperaturnya dan cheese bread sticknya agak ketebalan tapi tetep kriuk nggak keras... Makasih ya mbak. Saya boleh praktek resep lainnya ya, nanti saya lapor hasilnya.

Sukses selalu buat Mbak Hesti

Unknown said...

siang mb. saya eksekusi resep ini tapi kok hasilnya jadi keraassss sekali ya.. bahan memang tidak di tambah telur ya mb? salah di mananya ya mba?

Hesti HH. said...

@Rismayanti : alhamdulillah baik mba. waaaaah syukurlah mba kalau nda keras. Itu mmng tergantung dari temperatur oven dan lama manggangnya

@Ajeng : memang nda pake telur mbak, panggangnya jangan lama sekali. Mggkn ovennya beda dan harus dikurangi waktu panggangnya.

Unknown said...

Hai Mba...Salam kenal yaaa...aku tau blog ini dr temen...sukaaaaa sama blog nya...dan nemuin resep ini....mau lgs eksekusi.....smoga berhasillll....tq mbaaa

Hesti HH. said...

Makasih mbaaaa dah mampir. Kudoakan ya mba semoga bikinnya sukses ditunggu kabarnyaaaa

Unknown said...

Mba hestiiii....heheheh pada dasar nyaaa kue nya jadiiii tapiiiiiii agak gosong (keasikan buka Instagram hahahah). mba Ini perlu Kalis elastis kayak bikin roti ga sih? Soalnya sy cuma ngadon sampe bisa dibuletin aja baru sy gilas, Dan sy ngerasa kurang air jd dia ga Bisa halus.hasilnya agak keras tp renyah.. Salah dimana ya Mba....thx

Unknown said...

Mba...lapor...hasilnya agak keras, mgkn Terlalu tebal yaa...tp nanti mau dicoba lagi supaya bisa masuk daftar jualan aku hahahah....oh ya Mba apa ini adonannya sampe kalis elastic spt roti? Trus aku Masih penasaran sih Ada cheese stick yg bentuknya spt ini tp bukan bahan roti...Masih nyari resep itu kali punya resep cheese stick lainnya ya Mba....hahhaha *ngelunjak*

Hesti HH. said...

Ngga perlu kalis elastis mba. Tapi panggangnya jg gak boleh kelamaan biasanya jadi keras karena kering. Kalau yg lain bisa search choux cheese stick ku mba enak juga ituuu

suzii said...

Mba hesti salam kenal, saya susi. Kepingin cobain resep nya nih. Mau tanya minyak zaitun yg dipakai jenis apa yah? Extra virgin atau yg biasa?
trus manggangnya pake api atas atau bawah?

Hesti HH. said...

Halo MBa Susi salam kednal juga. Minyak zaitunnya sembarang mba karena ngga terlalu kecium aromanya. Kmrm saya pake yg light. Tapi pernah juga pakai minyak goreng biasa. Tetep jadi dan enak tapi tentuj saja lebih sehat minyak zaitun ya.

Syamriyanti said...

asslkm mba hesti salam kenal.......senang bgt bisa ketemu blog mba akhirx byk belajar n semgat 45 praktek resep mba hesti..thanks ya mba resep bread stick kejux bisa jd referensi jualan..mau nanya klu menggunakan oven listrik suhux ttp 150 n lama memanggang 30 mnt atau disesuaix mba, satu lg mba bread stick kejux bisa tahan brp lama mba......?

Hesti HH. said...

WAalaikumsalam, salam kenal juga mba....alhamdulillah mba kalau resepnya manfaat. Semoga bakul kuenya sukses dan barokah yaaaaa. Kalau saya memang pakai oven listrik mba suhunya segitu. Kalau breadstick tahan lama asalkan setelah dingin betul disimpan dalam wadah kedap udara. MUngkin sekitar 2 minggu mba. Belum tau juga karena saya selalu cepat habis >,<

Unknown said...

Assalamualaikum mba hesti, salam kenal...aku sdh nyobain resepnya enak pake bangeet apalagi aku pake keju edam rasa kejunya nendang bangeettt...hehehe. Oh ya mba hasilnya aku bawa ke kantor ternyata teman2 suka dan banyak yg ikutan bikin pake resep ini, maaf ya mba ga minta ijin sebelumnya.

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam, alhamdulillah mbaaa senang dengarnyaaa. Wah artinya lain kali saya jg hartus pakai edam ya ^^. Makasih ya mbaaaa, silahkan dishare

Unknown said...

Minal Aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir batin mba hesti....mbaa resepnya sdh menyebar keseluruh penjuru dunia (halah lebay.com...hehee) gara2 aku posting cemilan ini di FB grup memasak, tp aku ga menyertakan resep cuma aku tulis resep dari blog hesti's kitchen...eeehh malah banyak yg ngelike sampe 1000 org lebih dan mereka akhirnya nyari resep sendiri ke blognya mba hesti. Makasih ya mbaa...kaulah inspirasiku, big hug ^_^

Hesti HH. said...

Maaf lahir batin juga mba Nurul ^^
Waaaaa alhamdulillah mba senang kalau banyak yg suka dan mencobanya, makasih yaaaa

Muvaghy nw said...

Assalamualaikum bunda, mohon ijin untuk mengeksekusi resep resep bunda yah hehe :)
How i love your blog, thanks for sharing *salim* xixi :')

Hesti HH. said...

Waalaikumsalam...silahkan mba saya senang kalau dipraktekkan...salim balik ^^

Unknown said...

Selalu suka sama postingannya mbak Hesti..dan alhamdulillah selalu sukses resepnya kl dicoba..makasih mbak..semoga sehat selalu jadi bisa posting resep resep baru

Hesti HH. said...

Alhamdulillah, makasih doanya mbaaa

Unknown said...

Assalamualaikum mba Hesti resep2 nya favorit deh,btw mba punya ku kok hasilnya g bisa lurus y,melengkung gitu pas ud matengnya knp y

Unknown said...

Assalamualaikum mba Hesti resep2 nya favorit deh,btw mba punya ku kok hasilnya g bisa lurus y,melengkung gitu pas ud matengnya knp y

Hesti HH. said...

@Nur Hazalina : waalaikumsalam, alhamdulillah mba kalau cocok. Biasanya kalau melengkung krmn kebanyakan olesan loyangnya dan suhu oven panas sekali. Kalau saya pakai silpat jd gak perlu olesan

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...