Friday 13 April 2012

Not So Pretty Tiger Bread ...





Aku langsung nggak bisa tenang habis jalan jalan ke blognya Deeba "Passionate about Baking" lihat tiger breadnya yang aduhaiiiii cantik tekstur toppingnya. Asal roti ini dari Belanda dengan nama Tijgerbrood atau Dutch Crunch Bread. Nggak sabar segera pengen buat juga. Sebenarnya ini tantangan terbaru dari group Daring Baker, tapi yah walaupun aku bukan anggotanya...nggak apa apa kan bikin juga. Itung itung belajar ilmu baru...

Hasil jadi punya Deeba cantik tekstur toppingnya dan cantik juga warnanya. Malah sama sekali nggak mirip tiger lagi, kayak macan tutul atau leopard motifnya. Langsung jatuh cintrong aku!
Tapi mengapa oh mengapa setelah aku praktek hasilnya beda yaaa... . Rotinya sih lembut tapi warna motifnya nggak keluar...malah yang jadi cokelat rotinya bukan toppingnya. Haisssh...patah hati aku. Sebelum dipanggang tekstur toppingnya dah jadi, ada cracknya juga...kayaknya masalah di waktu pemanggangan aja. Dan rak ovennya ternyata harus di taruh di rak tengah. Mungkin supaya bawah rotinya gak cepat kuning dan bagian toppingnya belum cokelat. Nggak papa deh...lain kali kalo dah semangat lagi aku coba lagi. Jadi hari ini aku nggak sharing resepnya. Kerena belum sukses. Harus cari selanya di mana. Tapi kalau mau, bisa di lihat di "Passionate about Baking" ya...




Separuh rotinya aku bikin roti cokelat dan keju. Bikin setengah resep jadi 2 macam lumayan banyak biar bisa buat bekal besok pergi berenang.





4 comments:

Rina Audie said...

Mbak, ngoles adonan topingnya, setelah adonan roti dibentuk ya ? Sambil nunggu fermentasi kedua, topingnya jadi agak kering dan retak retak, setelah itu dioven ? Gitu maksudnya Mbak ? Mbok diterjemahin to Mbak, biar saya bisa praktek. Jangan lupa kasih penjelasan yang detil ya mbak ? Ini saya nggak minta, tapi setengah maksa, hahahahaaa....
Makasih Mbak Hesti....

Hesti HH. said...

Hahahaaa...ampuuuuun mbak. Sabar ya Mbak Rina sayang. Ntar kalo udah praktek kedua dan berhasil aku tulisin resep sedetail detailnya deh. Untuk sekarang takut tulis resepnya karena hasilnya gak sesuai gambarnya. Tapi kayaknya toppingku keenceran karena hasilnya cepat gosong padahal pinggirannya belum berbentuk tiger. Doakan secepatnya aku dapat mood bikin lagi ya...

Anonymous said...

mbak hesti olesannya bisa kinclong mengkilat gitu pakainya apa?? oya mba ada FB atau sosmed lainnya kah, biar bisa ak add. Kl mau tanya2 pakai blog kadang nga bisa soalnya.. terimakasi :)
nina

Hesti HH. said...

Saya pakai kuning telur sama sedikit susu cair atau air kalau ngga ada susu mba. Yang bikin mengkilat kalau dah matang panas panas dioles butter ^^

Nama Fb saya Hesti Saifuddin

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...