Tuesday 21 June 2011

Pumpkin Doughnut



Donat ini adalah hasil blogwalking ke My Kitchen Snippet dan Bonbini. Karena aku bingung memilih yang mana akhirnya aku memadukan kedua resep tersebut dan mengganti penggunaan ubi jalar (sweet potato) menjadi labu.


Secara umum rasanya tidak berbeda dengan donat biasa...cuman warnanya agak kekuningan dan terasa manisnya labu. Teksturnya lembut dan ringan untuk donat ring dan agak padat dan legit pada donat yang bulat kecil. Perbedaan hasil ini mungkin dipengaruhi pada saat pembentukan adonan. Kalo donat ring aku giling dan cetak menggunakan donat cutter, sedangkan donat bulat kecil aku bentuk dengan cara menghaluskan/membulatkan adonan seperti membentuk adonan bakpau atau roti.
Donat bulat kecil juga aku goreng duluan sebelum mencapai fermentasi maximal.

Perpaduan resep keduanya adalah...


Bahan :

- 200 gr tepung protein tinggi (bread flour)
- 150 gr tepung protein sedang (plain flour)

- 150 gr labu kukus yang sudah dihaluskan

- 2 sdt ragi instant

- 60 gr gula pasir
- 75 ml susu (tergantung kandungan air pada labu)

- 1 butir telur

- 1 kuning telur

- 30 gr mentega


Cara membuat :

  1. Campur semua bahan kering kecuali garam dan mentega. Aduk rata. Masukkan labu, telur, kuning telur dan campuran susu hangat.
  2. Kocok dan uleni menggunakan mixer. Setelah mulai rata, masukkan garam dan mentega. Uleni lagi sampai elastis. Kalau adonannya agak lembek boleh ditambahkan sedikit tepung, karena kadar air dalam labu beda-beda sehingga berpengaruh juga pada adonan.
  3. Untuk donat ring, giling adonan sampai ketebalan sekitar 1.5 cm lalu potong menggunakan donat cutter. Letakkan di loyang bertabur terigu. Untuk donat bulat yang kecil (beignet) bentuk menjadi bola-bola kecil. Fermentasikan sekitar 30-45 menit.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Goreng donat sampai kuning keemasan.
  5. Sajikan dengan taburan gula halus dan kayu manis.


Lihat teksturnya donat bulat di bawah yang agak berbeda dengan donat ring...mungkin juga dipengaruhi oleh masa fermentasi. Donat ini aku goreng duluan, padahal aku kerjakan terakhir...jadi pori-porinya masih rapat. Tapi menghasilkan donat yang empuk...aku sukaaa...





10 comments:

bunbun said...

sayang yah di blog gak bisa di klik 'like' kspt di FB.. hihi, kalo gak, udh aku klik like terus..

aku belum pernah bikin kue2 dan roti pakai labu.. ada rasa khususnya kah, mbak?
atau spt pake kentang, gak berasa kentang, cuman jadinya lembut? hihihi..

kreatifff... *4 jempol*

Hesti HH. said...

haaaaaah ?? 4 jempol ? sama jempol kaki dong, qiqiqi.

Bener tuh..gak kentara rasa labunya Bun...cuma ada terasa dikit manisnya labu. Enak deh pokoknya. Lembut kayak donat kentang...tapi yang aku heran hasilnya juga ringan...sama sekali nggak ketahuan kalo ada labunya.

Alice said...

mau mau mau...donat kesenangan anak2ku tapi maminya suka males langsung dibeliin JCo hehehe...
wah Hes, u're such an inspiration - at least for me! thks :)

Hesti HH. said...

Hehe...makasih Mbak Alice *terharuuu*. Iya tekstur donat ini malah yang paling ringan dari donat-donat sebelumnya. Gak tau juga kok bisa gitu...

uli said...

Mbak..., saya copas ke kumpulan resep untuk dipake sendiri dirumah... Boleh ya. ..
Banyak blog yg ga ijinin copas.. . Mungkin karna takut dipublish yah...
Thank you bgt krna masih bolehin pembaca utk copas. .
Moga ga disalahgunakan..
:)
Hesti Kitchen TOP dah!

Unknown said...

Hallo, ini resep pertama yg aku coba dari blog kamu... Gotta say, it's better than the donut kampung my friend is selling here as one of her menu in her catering.... I will definitely try your other recipes....

Hesti HH. said...

Silahkan mbak Evi, dengan senang hati,

Kalau saya juga diset gak bisa copas bkan karena takut dipublish mbak cuma banyak yg suka ambil gambar dan dihapus watermarknya dan dipindah ke blognya.
Makasih yaaaa

Hesti HH. said...

Syukurlah mbak kalo cocok sama resepnya....makasih yaaaa

Masitah said...

Mb mentegany brp gr y

Hesti HH. said...

Lho di atas ada kan mba 30 gram

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...