Thursday 5 May 2011

Strawberry Roll Cake


Sebenarnya niat awalku tadi pagi sih bikin tiger roll cake. Bolu gulung yang dilapisi adonan tiger yang loreng cantik teksturnya. Tapi kayaknya aku belum mendapatkan resep yang sesuai...karena hasilnya belum maksimal. Or... resepnya bener, tapi aku yang gagal bikinnya...hihihi ^^



Tuh kan kelihatan tekstur kulitnya yang kurang loreng-lorengnya...cuma semburat aja. Aku juga belum tau kegagalannya di bagian mana. Tapi memang sih inti percobaanku kan tigernya bukan roll cakenya...jadi untuk adonan cake aku pake resep ibuku yang cuma 4 telur... padahal resep aslinya pake belasan kuning telur. Aku ngebayangin kolesterolnya aja bergidik... untuk kulit tiger menggunakan 5 kuning telur... jadi totalnya? ... masih kalah sama lapis legit sih. Itu juga alasan kenapa sampe sekarang aku belum pernah coba membuat lapis legit. Takut kaloriiii...
Maybe someday...

Tapi walaupun gagal tetap aja aku selesaikan dengan menggabungkan adonan bolu gulungku dengan kulit tiger yang gatot... rasanya sih teteup aja yummiiii....cuma tampilannya aja yang kurang sempurna. Aku dah bertekad akan mencoba lagi... wait for my action, yeah baby....

Maaf ya teman-teman...resepnya tigernya gak aku posting berhubung masih mencari resep yang sesuai... . Nanti kalo udah berhasil...baru deh aku posting... jadi tuk sekarang resep roll cakenya aja ya... ini resep simpel ibuku...

Bahan Roll Cake :
- 4 butir telur utuh
- 110 gula pasir
- 1/2 sdt emulsifier (aku pake SP)
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 125 gr terigu protein rendah
- 75 gr margarin, lelehkan (kalo ibuku sih menjelang dimasukkan ke adonan, panaskan sampe mendidih, lalu panas-panas dituang ke dalam adonan)
- selai strawberry tuk isian

Cara membuat :
  1. Kocok dengan kmixer kecepatan tinggi telur, vanili, emulsifier dan gula pasir sampai mengembang.
  2. Masukkan terigu sambil diaduk perlahan sampai rata.
  3. Masukkan margarine yang baru mendidih, aduk rata.
  4. Tuang ke dalam loyang 24x24x4cm. Panggang dengan panas 375 F sampai atasnya berwarna coklat keemasan dan ditusuk sudah tidak menempel lagi
  5. Angkat. Balikkan di atas serbet lembab atau kertas roti yang sudah ditabur gula halus.
  6. Oles selai, gulung dan padatkan. Simpan di lemari es sampai kompak.
  7. Potong-potong, sajikan.

No comments:

Post a Comment

Coconut Custard Buns & Plaited Coconut Bread

Assalamualaikum. Selamat Hari Raya Qurban teman teman, semoga amal ibadah dan qurban kita diterima oleh Allah Subhanahu Wata'ala. ...